Pages

Kamis, 17 Februari 2011

Mengenal Alexa Rank

Apakah itu Alexa Traffic Rank?

Traffic rank diupdate tiap 3 bulan sekali dengan melihat perkembangan data trafik, bobot dari page view dan user (reach). Jadi saya bisa bilang tidak benar bila ada yang bilang traffic rank diupdate tiap seminggu sekali atau kurang dari itu.


Untuk Traffic rank pada web, dihitung pada level domainnya. Semisal www.msn.com, carpoint.msn.com dan slate.msn.com, karena mempunyai satu domain msn.com. ternyata beda dengan blog atau homepage pribadi, diukur lewat alamat URL nya.



Reach ?
 
adalah hitungan jumlah user. Reach dalam Alexa traffic rank berwujud persentase. Sebagai contoh, yahoo.com mempunyai reach 28%, artinya seluruh pengguna internet yang diukur dalam Alexa, 28% nya mengunjungi yahoo.com. Perubahan pada tiga bulan ditentukan dengan pembandingan hasil nilai yang didapat pada tiga bulan sebelumnya.


Page Views ? 
 
adalah ukuran jumlah pengunjung site. Page view beberapa kali ke satu halaman pada satu hari oleh user yang sama dihitung satu saja. Jadi angka yang digunakan adalah jumlah rata-rata kunjungan user per user per hari.

Dari sini terlihat Alexa traffic rank bisa dikatakan tidak mungkin turun, jadi akan terus naik atau tetap. Cuma masalah waktu. Karena perhitungannya penambahan terus terhadap page user dan view

Nilai Traffic Rank dan Page Rank biasa digunakan untuk monetisasi blog, cari uang lewat iklan dan sejenisnya. Sebagai contoh program afiliasi RevewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews mensyaratkan nilai Alexa Rank ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget