Pages

Selasa, 15 Februari 2011

Mengenal Alexa Rank dan Status Site Kita

alexa rank adalah web information company. Artinya bahwa alexa rank merupkan perusahaan yang berkutat dengan informasi web, mulai dari Top Sites, Internet Traffic Stats and Metrics, Related Links, Online Reviews Contact Information dan lain-lain. Secara umum alexa rank akan meranking website seluruh dunia yang sudah terdaftar. Artinya peringkat pertama adalah website yang mempunyai jumlah visitor dan pageviewer terbanyak. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa visitor dan pageviewer adalah istilah yang berbeda walaupun ada beberapa kemiripan. Visitor adalah pengunjung website yang hanya melakukan kunjungan saja tanpa mengklik sama sekali link-link yang ada di website. Sedangkan Pageviewer adalah pengunjung website yang sekaligus mengunjungi dan mengklik link-link yang ada di website. Saya yakin Anda mengerti maksud saya.

Alexa akan merangking seluruh website di dunia. Di dalam alexa, angka 500 lebih baik dari pada 500000. Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa angka 500 tersebut menunjukkan urutan website tersebut. Prinsip ini sama seperti sistem ranking pada anak sekolah, tentunya ranking 2 lebih baik daripada ranking 34. Pada tanggal posting ini, facebook.com menduduki peringkat #2, twitter.com menduduki peringkat #11, dan koprol.com menduduki #23.500.

Apa pengaruh(manfaat)nya ranking tersebut untuk pemilik website (Website Owner)? Semakin menduduki urutan atas, maka space (ruang) pada website tersebut makin mahal (apabila tergabung dengan adsense). Selain itu, urutan atau ranking tersebut menunjukkan tingkat keakuratan informasi. Semakin berada di ranking atas, maka content dan informasi yang disajikan dapat dikatakan akurat dan dapat dipercaya.

Bagaimana agar ranking di alexa semakin meningkat? Disadur dari beberapa sumber, ada beberapa teknik untuk meningkatkan rangking di alexa.
 
Cara yang bisa di bilang paling mudah untuk meningkatkan alexa rank adalah dengan cara berkunjung dan memberikan komentar di blog yang alexa ranknya bagus, tapi jangan lupa mninggalkan jejak url website atau blog kita disana. cara ini sudah bayak terbukti hasilnya untuk meningkatkan alexa rank.

Cara kedua yaitu dengan cara melakukan update isi website atau blog secara berkala dan teratur, misalkan anda melakukan posting atau update blog 2 hari sekali atau 1 hari sekali usahakan untuk melakukan hal itu terus menerus jangan sampai anda bolong tidak melakuan update. di jamin tidak lama lagi alexa rank anda akan meningkat secara drastis.

Cara yang ketiga adalah dengan cara pemasangan alexa widget website atau blog kita. Bagi yang ingin memasang alexa rank widget bisa anda dapatkan di sini! tinggal masukan alamat website atau blognya, lalu ambil scriptnya dan masukan di website atau blog anda.

Cara yang keempat adalah dengan mendatangkan traffic/pengunjung sebanyak-banyaknya, karena nilai ranking Alexa akan bagus apabila website atau blog tersebut aktifitasnya ramai. jadi apabila blog anda sepi tidak ada pengunjung jangan harap blog anda akan mendapatkan alexa rank yang bagus.
 
 Ada beberapa langkah berikut untuk alexa rank :
  1. Tetap mengupdate artikel, post, uraian dan content-content pada website anda.
  2. Berusahalah untuk saling tukar link kepada author/admin website rekan. Usahakan link-kan dengan blog/website yang memiliki rangking yang lumayan populer.
  3. Berilah bagde/toolbar/gagdet/wigdet alexa pada blog/website Anda. Anda dapat mendapatkan gadget tersebut di Alexa Rank Wigdet.
  4. Bergabunglah dengan forum di internet dan usahakan meninggalkan link website Anda.
  5. Aktif melakukan blogwalking dan berkomentar pada blog atau website orang lain. Dan jangan lupa meninggalkan link website Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget