Pages

Rabu, 14 Desember 2011

Perlindungan Penuh Terhadap Virus Shortcut

Saat ini banyak sudah beredar virus/malware yang memanfaatkan celah keamanan Windows melalui shortcut (lnk). Hanya dengan membuka folder yang didalamnya ada shortcut (File dengan ekstensi *.LNK) melalui Windows Explorer, bisa mengaktifkan virus/malware yang bisa berbahaya bagi komputer. Setelah hampir 2 minggu tidak ada update, baru saja Microsoft merilis update ini untuk pengguna Windows XP – Windows 7.

Jika virus/malware bisa otomatis berjalan (aktif) melalui autorun di USB Flash drive, mungkin sebagian besar kita sudah mengetahuinya. Tetapi kali ini virus bisa aktif hanya dengan membuka folder yang didalamnya melalui shortcut link ( *.lnk).

Malware (virus) yang mulai memanfaatkan celah keamanan ini adalah win32/Stuxnet. Malware yang bisa menyembunyikan diri dan menyebar melalui USB flash drive. Setelah malware ini, virus lain juga mengikuti dengan memanfaatkan kelemahan ini. Sebagian kita yang sering utak-atik virus, mungkin tidak asing dengan virus/malware Sality.

Bagaimana cara mencegah supaya laptop tidak terserang virus shortcut? Jalan terbaik tentunya adalah dengan menginstal antivirus terbaru dan terupdate. Untuk antivirus Lokal, Anda bisa mencoba SMADAV ataupun PCMAV sedangkan untuk antivirus yang lebih powerful Anda bisa mencoba Kaspersky, AVG ataupun Avast. 

Jangan lupa lengkapi dengan sebuah tool gratis dari sophos untuk mencegah menyebaran virus shortcut, sebuah tool bernama Sophos Windows Shortcut Exploit Protection akan membantu Anda dalam mencegah penyebaran virus shortcut di Laptop. Tool ini bisa di Download di Website resmi Sophos

0 komentar:

Posting Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget