Pages

Kamis, 23 Desember 2010

Komunikasi Organisasi - Bahan

Tipe-tipe komunikasi

  • Komunikasi Intrapribadi, adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri pada diri sendiri
  • Komunikasi Interpribadi, adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri kepada seorang lain.
  • Komunikasi Publik, adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri kepada orang lain dalam jumlah banyak.
  • Komunikasi Massa, adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri kepada orang lain dalam jumlah yang sangat banyak.

Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media.  
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
 

Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unitkomunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan. 

KOMUNIKASI :
  • Proses pengiriman ide atau pikiran dari satu orang kepada orang lain, dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang lain yang menerimanya (BROWN).
  • Prosespengirimandanpenerimaanberitaatausinyal(CHAPLIN) 
  •  Prosespenyaluraninformasidanpengertiandarisatuorangkeoranglain (DAVIS)
Komunikasi dapat digolongkan ke dalam tiga kategori: 

1. Komunikasi antar pribadi
Komunikasi ini penerapannya antara pribadi/individu dalam usaha menyampaikan informasi yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaan pengertian, sehingga dengan demikian dapat tercapai keinginan bersama.
2. Komunikasi kelompok
Pada prinsipnya dalam melakukan suatu komunikasi yang ditekankan adalah faktor kelompok, sehingga komunikasi menjadi lebih luas. Dalam usaha menyampaikan informasi, komunikasi dalam kelompok tidak seperti komunikasi antar pribadi.
3. Komunikasi massa
Komunikasi massa dilakukan dengan melalui alat, yaitu media massa yang meliputi cetak dan elektronik.


Fungsi Komunikasi dalam Organisasi :

Fungsi informatif
Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi (information-processing system).  Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu.
 
2.  Fungsi Regulatif
Fungsi regulatif ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.  Pada semua lembaga atau organisasi, ada dua hal yang berpengaruh terhadap fungsi regulatif ini
 
3. Fungsi Persuasif
Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. 


4. Fungsi Integratifdilaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik. Setiap organisasi berusaha menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat



Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.








 

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget