Pages

Kamis, 23 Desember 2010

CARA MERAWAT MOTOR MATIC MIO SOUL

MIO_SOUL

Spesifikasi Mesin dari yamaha mio sampai yamaha mio soul tidak ada yang berubah alias sama plek. Berikut ulasannya.
Engine
Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC 2-Klep pendingin udara, AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
Diameter x Langkah : 50.0mm x 57.9 mm
Kapasitas Silinder : 113.7 CC
RatioKompresi : 8.8 : 1
Tipe Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis
Isi silinder : Tunggal
Karburator : Keihin NCV24x1
Sistem pengapian : DC-CDI
Sistem pelumasan : Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin : 0.9 Liter
Transmisi : V-Belt Otomatis
Rasio Gigi : 2.399 – 0.829
Caster / Trail : 26.5 derajat/ 100 mm
Tipe Rem Depan : Hydraulic Disc brake dengan Single Piston
Tipe Rem Belakang : Teromol
Chassis
Berat Kosong : 87 Kg
Tipe Rangka : Steel Tube
Kapasitas Bahan Bakar : 3,7 Liter Bensin Leaded / unleaded
Jarak Sumbu Roda : 1,240 mm
Jarak terendah ke Tanah : 130 mm
Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
Suspensi / Ban
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Teleskopik
Ukuran Ban Depan :70/90-14MC 34P
Ukuran Ban Belakang : 80/90-14MC 34P
Performa
Dimensi (P x L x T) : 1,820 x 675 x 1,050 mm
Sistem Starter : Kick & Electric
Daya Maksimum : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Maksimum : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm


CARA MERAWAT MOTOR MIO :
Kalau motor sudah mulai rewel, bisa jadi karena kelalaian Anda yang tidak rutin merawatnya. Perawatan motor matik berbeda dengan motor biasa, kalau perawatan motor biasa hanya memperhatikan karburator sedangkan motor matik selain memperhatikan karburator yang penting juga klep dan V.Belt. Spare part motor matik harganya lebih mahal sebaiknyak konsumen rutin menyervis motornya secara berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor Yamaha Mio Anda senantiasa tampil prima, diantaranya… :
* Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.
* Perhatikan V.Belt (letaknya disamping roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.
* Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen msein. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
* Servis karburator tiap 3 bulan sekali.
* Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.
* Sebaiknya servis motor di bengkel resmi yamaha, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.
* Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
* Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
* Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.
Semoga bermanfaat bagi kita semua dan khususnya yang punya motor matik Yamaha Mio.

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget