Pages

Jumat, 07 Januari 2011

Manfaat dari software RamDisk

Software RamDisk dapat dimanfaatkan untuk tujuan khusus. Seperti mereka yang memerlukan storage bagi data sementara (temporary file) atau ingin mempercepat loading software dari harddisk untuk dipindahkan ke memory computer secara permanen selama computer hidup. Dengan media penyimpan dari drive memory, kecepatan tranfer untuk read dan write data akan jauh meninggalkan kecepatan storage harddisk biasa. 


Dengan RamDisk, penguna tidak memerlukan perangkat khusus, melainkan hanya membutuhkan memory computer yang sangat besar untuk dijadikan drive memory oleh RamDisk. Walaupun menghadapi resiko data hilang bila terputusnya aliran listrik pada computer. Pada test juga dilakukan fitur sleep pada computer, dan data yang dibuat oleh RamDisk dapat tetap berada didalam memory computer sampai computer kembali Weak up.

RamDisk dibuat sederhana, fungsinya hanya membuat drive kedalam memory. RamDisk juga memiliki fitur untuk mengaccess data besar dengan sistem Windows 64bit. Fitur backup dan restore, serta pilihan untuk menyimpan data atau tidak pada option software sangat membantu. Program RamDisk mengetahui kebutuhan yang sebenarnya dari penguna computer untuk tidak menyimpan file yang tidak diperlukan. Contoh saja salah satu fitur dari setting temporary file langsung dapat diaktifkan oleh software dengan membuat directory Temp pada drive dan tanpa perlu melakukan format pada drive. Setelah software terinstall dan semua setting dilakukan, maka drive akan langsung aktif dan tetap aktif pada saat computer dinyalakan. Dan ketika computer dimatikan maka file sementara pada drive bisa diatur untuk langsung terbuang bersama hilangnya power pada computer.

RamDisk tidak luput dari kekurangan. Software ini sangat beresiko digunakan bila menyangkut pentingnya file yang disimpan kedalam memory computer. Memanfaatkan kemampuan drive dari memory yang sangat cepat tetapikapan saja computer dapat mati dan menghilangkan data dari memory computer. Masalah lain adalah, RamDisk memang menyentuh bagian penting pada sebuah computer. Pada test sempat terjadi error sehingga data hilang walaupun tersedia file backup yang sudah dibuat. 

Kami berpendapat, RamDisk sangat baik dimanfaatkan untuk fungsi khusus atau pekerjaan khusus. Seperti computer yang bertugas mengolah data dengan banyaknya file temporary yang dihasilkan dapat memanfatkan RamDisk untuk disimpan langsung kedalam drive. Atau software yang cukup besar dan lambat ketika diloading dengan harddisk biasa dapat memanfaatkan drive dari memory yang lebih cepat. Tetapi software RamDisk sangat tidak aman bila ingin digunakan sebagai media penyimpan data penting, walaupun software ini memiliki fasilitas backup dan restore. Resiko kehilangan data akan sulit dikembalikan, dibandingkan kehilangan data pada harddisk konvensional.
Download Disini



0 komentar:

Posting Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget