Pages

Senin, 27 Desember 2010

TUGAS_CUMMAX


PT. WIJAYA KARYA

KEUNGGULAN :
  • Integrated, memiliki kemampuan untuk memberikan jasa secara total, mulai dari perancangan, pengadaan, konstruksi, pengoperasian & pemeliharaan termasuk pendanaan melaluisinergi WIKA Group.
  • Excellent Product, Memberikan jaminan bahwa produk yang diserahkan kepada pelanggan adalah memenuhi kinerja dan persyaratan sesuai kesepakatan.
  • Best Practice, Mengaplikasikan sistem manajemen yang sudah teruji dan diakui keandalannya, seperti misalnya ISO 9001 & 14001 untuk Sistem Pengendalian Mutu dan Lingkungan, OHSAS 18001 untuk Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  •  Excellent Product, memberikan jaminan bahwa produk yang diserahkan kepada pelanggan adalah memenuhi kinerja dan persyaratan sesuai kesepakatan.

KELEMAHAN :
  • karena di dalam prosedur penerimaan barang terdapat satu fungsi yang independen (fungsi Tehnik dan Mutu) yang bertugas untuk memeriksa standar mutu di dalam penerimaan barang.
  • Untuk pengendalian pengeluaran barang dari fungsi gudang dilakukan dengan melakukan cross check antara laporan pengeluaran bahan baku dari fungsi gudang dengan jumlah barang yang diproduksi untuk melihat penyimpangan yang terjadi.
  • Tidak adanya review kinerja yang tertuang di dalam SOP bukan merupakan kelemahan pada SPI, karena di dalam pelaksanaannya, review kinerja telah dilaksanakan secara periodik di dalam setiap seksi yang ada untuk mengurangi penyimpangan yang mungkin terjadi di dalam pelaksanaannya.


Tujuan Analisis Lingkungan : untuk menilai lingkungan organisasi secara keseluruhan, baik faktor-faktor yang berada diluar organisasi maupun yang berada didalam organisasi yang semuanya mempengaruhi kemajuan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Analisis lingkungan eksternal bertujuan untuk mengetahui ancaman dan peluang. Ancaman adalah suatu kondisi dalam lingkungan umum yang dapat menghambat usaha-usaha perusahaan untuk mencapai daya saing strategis.

Lingkungan Mikro Merupakan pelaku dan kekuatan di sekitar perusahaan, yang secara langsung mempengaruhi kemampuan bisnis dan kinerja pemasaran perusahaan,meliputi:
  • Pemasok
  • Distributor
  • Pesaing
  • Pelanggan 
  • Pasar/Masyarakat.

Lingkungan Makro Merupakan kekuatan yang melingkupi dan berpengaruh secara langsung / tidak langsung terhadap perusahaan serta lingkungan mikro secara keseluruhan,meliputi:
  • Demografi
  • Ekonomi
  • Politik
  • Sosial
  • Budaya
  • Hukum
  • Teknologi 
  • Alam

Persaingan industri, adalah persaingan dalam satu industri, tidak hanya satu produk saja. Misalnya Teh Botol Sosro industrinya tidak hanya industri teh saja tapi ada produk lain selain teh botol.

Pemasok atau supplier berkepentingan untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk memenuhi utang atas pembelian barang atau jasa dari mereka pada saat jatuh tempo.

Pengertian Pembeli diambil dari istilah asing (Inggris) yaitu consumer, secara harfiah dalam kamus-kamus diartikan sebagai ”seseorang atau sesuatu perusahaan yang membeli barang tertentu atau menggunakan jasa tertentu”; atau ”sesuatu atau seseorang yang mengunakan suatu persediaan atau sejumlah barang”. Ada juga yang mengartikan ”setiap orang yang menggunakan barang atau jasa”.

produk pengganti lebih rendah dan/atau mutu dan  kemampuan kinerjanya sama atau lebih besar dari produk yang ada.

analisis lingkungan internal merupakan suatu proses yang terdiri dari beberapa langkah seperti berikut :
1. Identifikasi variabel internal.
2. Evaluasi dan penilaian Variabel internal.
3. Menyusun ringkasan hasil analisis.

Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba

Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai pemecah masalah.
Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu:
  • Strengths (kekuatan)
merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam  tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
  • Weakness (kelemahan)
merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam  tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
  • Opportunities (peluang)
merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
  • Threats (ancaman)
merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget