Pages

Selasa, 28 Desember 2010

TUGAS SUKMA 2


Analisis  investasi adalah merupakan penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (baik besar atau kecil) dapat dilaksanakan dengan berhasil, atau suatu metode penjajakkan dari suatu gagasan usaha/bisnis tentang kemungkinan layak atau tidaknya gagasan usaha/bisnis tersebut dilaksanakan.
Pangsa pasar adalah persentase nilai jual atau beli barang atau jasa tertentu yang dikuasai oleh pelaku usaha pada pasar bersangkutan dalam tahun kalender tertentu.

Berikut ini adalah analisis mengenai peluang dan ancaman pada bisnis retail Circle K yang ada di Indonesia :

Peluang :
Dengan pelayanan 24 jam,Circle K mengusung konsep baru dalam berbelanja yaitu sebagai tempat belanja yang nyaman selain itu menyediakan produk kebutuhan dengan pelayanan yang cepat dan ramah dan Circle K siap mengakomodasi permintaan pasar yang semakin meningkat dan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.Pelayanan yang ramah dan tempat yang bersih juga merupakan ciri khas dari tempat belanja yang dapat dibilang berbeda dari tempat belanja lainnya ini.


Ancaman :
Di Indonesia saat ini,sudah banyak bisnis-bisnis retail bermunculan yang ditakutkan merupakan salah satu ancaman bagi Circle K itu sendiri.Seiring dengan permintaan pasar yang semakin beragam bisnis retail yang muncul berkembang cukup pesat di indonesia dan menjadi pesaing Circle K antara lain contohnya Alfamart,Indomart,Hypermart,Carrefour,dan lain-lain yang mampu menjadi ancama serius bagi Circle K.

7 (tujuh) komponen yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu Strategy, Structure, System, Shared Value, Skill, Staff, dan Style.
Untuk menentukan peluang dan ancaman dapat digunakan metode analisis dampak (impact analysis), dimana ditentukan apa dampak ketujuh aspek diatas terhadap organisasi. Jika dampak tersebut menguntungkan organisasi, maka kita tandai hal tersebut sebagai peluang. Namin jika dampak tersebut justru merugikan organisasi, maka kita dapat mengidentifikasi sebagai ancaman. Contohnya pemberitaan media tentang kandungan zat kimia berbahaya pada mie instant. Tentunya hal ini akan sangat merugikan perusahaan jika kita adalah perusahaan yang juga memproduksi produk seperti mie instan. Oleh karena itu dengan adanya pemberitaan ini maka akan memberikan dampak terhadap penjualan produk mie instan yang dilakukan perusahaan, sehingga dapat kita identifikasi hal tersebut sebagai ancaman perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Loading...


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Get This Gadget